Cara Menentukan Ukuran Aquarium Untuk Ikan Arwana

Cara menentukan ukuran aquarium untuk ikan arwana sangat penting diketahui oleh kita yang akan memulai memelihara ikan arwana. Ukuran juga ketebalan dari kaca aquarium yang sesuai untuk ikan arwana perlu kita pahami.

Ikan arwana yang sudah dewasa panjang tubuhnya dapat mencapai 90 sampai 100 cm. Oleh karena itu  disarankan jika akan membeli atau membuat aquarium disesuaikan dengan panjang dari tubuh arwana.

Di toko-toko khusus perlengkapan ikan hias pasti banyak tersedia aquarium untuk ikan arwana. Yang perlu kita perhatikan ketika membeli aquarium adalah kejernihan dan ketebalan kacanya, disarankan kita memilih yang warna kebiru-biruan atau kehijau-hijauan.

Ukuran aquarium yang sesuai untuk ikan arwanan dengan panjang tubuh kurang dari 20 cm adalah sekitar 60cm x 30cm x 32cm atau 80cm x 40cm x 37cm dan untuk ketebalan dari kaca aquarium dengan ukuran tersebut adalah setebal 5mm.

Apabila panjang tubuh ikan arwana kita sudah melebihi 20cm, kita harus segera memindahkannya ke aquarium yang berukuran sekitar 100cm x 50cm x 45cm dengan ketebalan kaca sekitar 8mm.

Kemudian untuk ikan arwana dengan panjang tubuh sekitar 45cm atau lebih ukuran aquarium yang sesuai adalah yang berukuran 120cm x 60cm x 55cm dengan ketebalan kaca sebaiknya sekitar 10-12mm.

Yang terakhir adalah ikan arwana dengan ukuruan panjang tubuh lebih dari 80cm  aquarium yang digunakan memiliki ukuran 200cm x 100cm x 75cm dan memiliki ketebalan 30mm.

menentukan-ukuran-akurium-arwana

Sarana pendukung yang perlu dipersiapkan untuk memelihara ikan arwana diantaranya adalah aquarium liquid filter yang berguna untuk menyaring kotoran yang ada di dalam air selain itu berfungsi sebagai penyuplai oksigen supaya kondisi oksigen yang ada di dalam air tercukupi.

Selanjutnya ialah lampu ultra violet biolite yang berguna untuk penerang ketika kita menonton kecantikan ikan arwana pada malam hari.

Lampu tersebut berguna agar kilau sisik ikan arwana lebih terlihat. Untuk aquarium yang berukuran 60cm x 30cm atau 80cm x 40cm gunakanlah lampu dengan ukuran UV 10 watt.

Untuk aquarium dengan ukuran lebih dari 100cm x 50cm gunakan lampu yang berukuran 25watt agar sisik ikan arwana terlihat lebih berkilau.

Selanjutnya sarana yang harus dipersiapkan adalah heater yang berfungsi sebagai pemans air supaya suhu air sesuai dengan ikan arwana yaitu sekitar 24-30 derajat C. Sebaiknya kita meletakkan termometer di dinding kaca untuk mengontrol suhu.

Sarana pendukung lainnya yang juga perlu di persiapkan adalah bebatuan yang berwarna hitam yang di letakkan di dasar aquarium. Hal ini berguna sebagai penampung kotoran agar tidak mengapung selain itu untuk meredam pantulan lampu agar mata arwana tidak juling.

Menempelkan poster berupa suasana alam juga dapat kita lakukan agar seperti suasana habitat ikan arwana. Demikian artikel mengenai bagaimana menentukan ukuran akuarium untuk arwana, semoga dapat bermanfaat. Baca juga artikel mengenai cara mengatur perlengkapan akuarium ikan arwana.

sumber

Baca Juga

Tags: