Cara Merawat Induk Arwana Sebelum Dipijahkan

Merawat induk arwana sebelum dipijahkan tidak hanya berada di dalam akuarium. Untuk Indukan arwana dipelihara di dalam akuarium cukup sekitar 2 sampai 3 tahun saja. Sedangkan setelah itu indukan arwana dipindahkan ke dalam bak penampungan yang terbuat dari fiber dengan ukuruan sekitar 2 x 3 meter, dan dalam air 1 sampai 1.2 meter.

Untuk mencegah ikan arwana melompat dari dalam air, pada biagian atas bak diberikan penutup berupa jaring.Untuk pengaturan kadar asam pada air berkisar 6.5 sampai 7, dan 27 sampai 29 derajat celcius untuk suhu airnya.

Pembesaran iduk arwana di dalam bak

Untuk pengecekan suhu kita dapat menggunakan termometer. Supaya terdapat sirkulasi air pada bak dibuat mengalir. Untuk mengalirkan air ke dalam bak kita dapat menggunakan pompa tangan, dengan debit sekitar 100 sampai 140 liter/menit.

Pada bagian atas bak kita tambahkan pipa yang berguna untuk mengalirkan air yang kembali dialirkan ke dalam bak penampungan, jangan lupa ditambahkan penyaringan, karena airnya akan kita gunakan kembali.

Jadi kita hanya perlu menambahkan air ke dalam bak dari kolam penampungan, dan air yang berada di bak akan mengalir sendiri keluar menuju bak penampungan, karena secara otomatis air di dalam bak akan bertambah pada saat kita mengisinya.

Pemeliharan pada bak ini berkisar sekitar 4 sampai 5 tahun atau setelah memiliki ukuran 50 cm. Untuk selanjutnya indukan arwana dipindahkan ke dalam kolam.

merawat induk arwana

Pembesaran induk arwana di dalam kolam

Untuk pembesaran di dalam kolam bertujuan agar sama dengan lingkungan alaminya dan ketika ikan arwana sudah mencapai matang kelamin sudah siap melakukan pemijahan.

Untuk keadaan kolam kita buat sama seperti lingkungan alaminya, yaitu adanya air yang mengalir secara perlahan, berada di lingkungan yang teduh dan sepi. Untuk suhunya juga berada di suhu 27 sampai 29 derajat celcius, dH 3 sampai 5 derajat dan PH berada di 6.5 sampai 7.5.

Waktu pemberian makan induk arwana

Pemberian makan dilakukan tiga kali dalam sehari, untuk makanannya berupa katak 2 sampai 4 ekor sekali memberi makan. Untuk waktu pemberian makan berkisar pukul 7.30 sampai 8.00 pada pagi hari, pukul 12.00 sampai 13.00 pada siang hari, dan pada pukul 17.00 sampai 17.30 untuk sore hari. Ikan arwana akan berada di kolam tersebut sekitar 1 sampai 2 tahun untuk melakukan pemijahan, dengan ukuran mencapai 60 sampai 70 cm.

Apakah calon induk jantan dan betina disatukan

Untuk pemisahan induk arwana jantan dan betina hanya ketika berada di akuarium saja dipisahkannya. Sedangkan pada saat di bak dan kolam, idukan arwana disatukan. Hal ini dimaksudkan agar ikan tidak berkelahi, karena area bak maupun kolam memiliki ukuran yang luas. Usahakan selalu memberikan jumlah pakan yang cukup dan teratur guna menghindari ikan arwana berkelahi.

sumber

Tags: