Cara Membedakan Arwana Banjar Red, Golden Red, dan Super Red

Cara membedakan arwana banjar red, golden red, dan super red akan kami bahas melalui tulisan berikut ini. Hal ini bertujuan agar ketika anda akan membeli salah satu dari ketiga jenis arwana ini tidak tertipu.

Karena pembeli sering menjumpai arwana merah banjar atau banjar red dijual dengan nama Golden Red bahkan dengan nama Super Red hal ini menjadikan harganya menjadi sangat mahal.

Untuk membedakan ketiga jenis ikan ini dengan mudah harus yang memiliki ukuran 10 cm dan agar lebih mudah membedakan ketiganya harus berdekatan.

Tetapi ada masalah yang perlu anda perhatikan karena ikan arwana Golden Red dan Super Red yang memiliki ukuran dibawah 15 cm belum beredar di pasaran, hal ini memungkinkan penjual menyebut arwana Banjar Red menyebutnya dengan nama Golden Red atau Super Red kelas 2.

cara-membedakan-ikan-arwana

Mari kita mulai dengan ciri yang dimiliki arwana Banjar Red yang memiliki warna kuning kehijauan pada bagian tubuhnya dan berwarna merah pada bagian sirip oleh karena itu disebut juga Red Fin Arwana atau arwana sirip merah.

Ketika akan membeli arwana Banjar Merah perhatikan juga pada bagian matanya arwana jenis ini juga rentan terhadapat mata juling. Apabila cara berenan ikan ini tidak tenang dan bola matanya selalu memandang ke bawah, dapat dipastikan ikan tersebut mengalami stres dan matanya kemungkinan menjadi juling.

Jenis arwana banjar red termasuk arwana yang memiliki penampilan baik. Memiliki sirip yang berkilau kuning agak kehijauan juga warna merah kekuningan pada siripnya menjadikan ikan jenis ini banyak diburu para hobiis.

Ikan ini bernama siluk sirip merah di daerah asalnya yaitu Kalimantan Barat tepatnya di sungai Kapuas Hulu, Pontianak. Ikan ini disebut sang naga sirip merah jika memiliki sisik yang tersusun rapi pada bagian punggungnya dan ukurannya sama besar.

ciri-arwana-banjar-red

ciri-ikan-arwana-golden-red

Selanjutnya adalah ciri Arwana Golden Red yang memiliki sisik yang indah setara dengan arwana Super Red, dengan sisik yang berkilau kuning keemasan. Sisik yang berwara cokelat muda juga pada bagian ring sisik tampak kuning keemasan.

Seluruh bagian siripnya memiliki warna kuning kecokelatan dengan bentuk tubuh yang lebar dan tebal. Selain itu cara berenangnya yang santai, tenang, dan berwibawa. Matanya juga selalu memandang ke arah atas juga sungutnya yang berwarna cokelat muda mengarah ke atas, ikan jenis ini juga disebut Golden Dragon atau sang naga emas.

ciri-arwana-super-red

Yang terakhir adalah ciri arwana super red yang berkualitas memiliki sisiknya berkilau memancarkan sinar warna merah seperti permata mirah delima. Selain itu tidak terdapat cacat pada bagian tubuhnya. Sirip yang rapih dan tidak juling pada matanya.

Orang-orang biasa menyebutnya dengan istilah Le Tiaw Lung sang pembawa keberuntungan. Sekian dulu artikel mengenai bagaimana membedakan banjar red, golden red, dan super red, semoga bermanfaat untuk anda semua. Baca juga artikel mengenai Cara Membedakan Arwana Silver dan Black Brazil.

Baca Juga

Tags: