Budidaya Ikan Arwana Dari Hobi Menjadi Uang Pasti

Ikan arwana sudah dikenal memiliki nilai ekonomi yang tinggi, harganya pun dapat menyentuh ratusan juta rupiah untuk jenis ikan arwana tertentu. Salah satunya adalah arwana super red. Dengan harganya yang cukup tinggi, ikan jenis ini banyak pembudidaya ikan yang mencoba mengembangbiakkannya. Tapi sayangnya tidak banyak yang berhasil. Untuk memelihara ikan arwana perlu perhatian khusus, karena karekternya berbeda dengan jenis ikan hias lainnya.

budidaya ikan arwana
Bapak Aden

Lain halnya dengan seorang guru yang berada di Kecamatan Kelapa Nunggal, Kabupaten Sukabumi bernama Bapak Aden Syaibatu Hamdi. Ikan arwana mampu berkembang biak dengan lancar. Dimulai sejak tahun 1997 awalnya hanya iseng memijahkan ikan arwana, tapi ternyata berhasil. Saat ini omset yang di dapat setiap bulannya mencapai puluhan juta rupiah.

Ikan arwana yang dijualnya berupa anakan ikan arwana jenis silver yang berukuran panjangnya 8 inci, untuk kebutuhan pasarnya juga semakin bertambah sampai tidak dapat terpenuhi. Saat ini Bapak Aden baru dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan menyuplai sebanyak 1500 sampai 2000 ekor ikan arwana silver setiap bulannya, sedangkan permintaan pasar setiap bulan sampai 40.000 ekor anakan ikan arwana, bagaimana apakah Anda tertarik beternak ikan arwana? hehehe.

Pak Aden menjelaskan untuk harga satu ekor ikan arwana silver dan fino atau green borneo dijual Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000 per ekor. Bahkan untuk anakan ikan arwana yang masih ada kantong telurnya pun sudah ada yang membelinya. Memang untuk ikan arwana awalnya berasal dari sebuah hobi yang bisa dijadikan bisnis.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, dia pun mengajak warga yang ada di sekitar untuk bersama-sama membudidayakan ikan arwana. Menariknya lagi untuk indukan ikan arwana dia sediakan gratis untuk siapa saja ingin serius membudidayakannya.

Sumber: Antara TV

Baca Juga

Tags: