Tips Sederhana Yang Perlu Diketahui Ketika Mengatur Aquarium Arwana

Mengatur aquarium arwana – Ikan arwana tidak sesulit yang dikatakan sebagian orang untuk dipelihara. Yang terpenting ketika akan memulai memelihara ikan arwana adalah pengaturan awal aquarium. Pastikan pengaturan aquarium pertamakali sudah baik, agar dikemudian hari tidak timbul masalah.

Berikut ini kami akan membahas tiga hal paling penting yang perlu dilakukan ketika menyiapkan sebuah aquarium untuk ikan arwana. Hal ini didasarkan pada pengalaman hobiis yang sudah berpengalaman memelihara ikan arwana.

1. Ikan arwana memiliki waktu pertumbuhan yang cukup cepat dan dapat mencapai panjang maksimal 90cm sampai 120cm. Sehingga kita akan memerlukan aquarium dengan ukuran yang cukup luas.

Untuk menghindari menyediakan ulang aquarium setelah 8 bulan dapat disiasati dengan cara menyiapkan dari awal aquarium dengan ukuran yang cukup luas, sekitar 180cm x 75cm x 60cm, atau diatasnya. Hal ini juga dapat menghemat pengeluaran.

setting-aquarium-ikan-arwana
setting aquarium arwana

2. Atur posisi aquarium di tempat yang benar-benar sudah tepat sebelum diisi dengan air. Supaya aquarium yang terisi air tidak perlu dipindah-pindah karena posisi belum tepat.

Pastikan juga meja atau tempat aquarium berada cukup kuat untuk menahan beban air yang berada di dalam aquarium, jika tidak terlalu yakin jangan dipaksakan.

3. Selanjutnya adalah menyediakan filter untuk sirkulasi air di dalam aquarium. Ada dua jenis filter yang dapat digunakan, filter internal dan filter eksternal. Kami lebih menyarankan untuk menggunakan filter external, dengan beberapa alasan tentunya.

Yang pertama adalah untuk estetika aquarium atau tampilan aquarium supaya tidak terganggu oleh pompa di dalam air. Yang kedua adalah supaya tidak mengurangi ruangan di dalam aquarium, agar ikan arwana memiliki ruangan yang maksimal untuk bergerak.

Kami harap beberapa tips sederhana mengatur aquarium arwana dapat menghemat waktu dan energi ketika Anda akan memulai memelihara ikan arwana. Untuk pengaturan akuarium ikan arwana yang selanjutnya adalah bagian yang perlu ketelitian. Baca juga artikel mengenai cara mengatur perlengkapan aquarium arwana.

Tags: